Selamat Datang Pengunjung

Rabu, 20 Agustus 2008

Apa Gunanya Mobil Ground Clearance (Ketinggian dari Tanah) Cukup Tinggi


Berikut ini kekhawatiran saya bila melakukan perjalanan jarak jauh. Sudah tahukah sobat-sobat jalan di Sumatera banyak lobangnya, jangan-jangan jalan di daerah Jawa pun dalam kondisi yang sama. Mungkin sudah hal lumrah dana perbaikan jalan tidak diurus oleh Pemda. Coba kalau ada lobang sedikit sudah ditambal, pasti rusaknya tidak lebih parah. Pada ruas tertentu jalannya cukup baik. Namun siapa sangka pada titik tertentu jalannya berlobang, dan tidak tampak dimalam hari. Pernah saya saksikan sendiri waktu mudik lebaran ditahun 2007, beberapa mobil sedan tampak mengalami kerusakan, mungkin mereka lupa untuk tetap waspada dijalan yang kelihatan mulus, eh ternyata ada lobang yang tidak tampak dimata.

Sebenarnya mobil sedan enak untuk perjalanan di dalam kota. Mereka umumnya memiliki sistem penahan kejut (suspensi) yang independen, artinya ke empat rodanya bila masuk lobang tidak mempengaruhi roda yang satunya. Umumnya sudah diterapkan di mobil-mobil SUV kelas atas, sepert Nissan X-trail, Ford Escape, Grand Vitara. Tapi kelemahan sistem ini adalah bila jalan yang rusak atau kemungkinan ke empat roda masuk kejalan yang rusak. Body rolling kendaraan akan lebih terasa. Sedangkan mobil-mobil jenis keluarga umumnya hanya pada bagian depan saja yang menganut sistem ini. Entah kalau mobil SUV seperti Lexus dan BMW ataupun Mercy apakah mereka sudah menerapkan suspensi yang lebih baik. Denger-denger sudah pakai sistem komputer. Ada yang lebih gila lagi mereka dapat menyesuaikan ketinggian mobil dengan kondisi jalan. Kalau jalan yang baik suspensinya dapat direndahkan,tapi kalau jalannya jelek dapat ditinggikan.


Untuk mobil jenis keluarga(memuat lebih banyak) tampaknya Terios memiliki GC yang lebih tinggi. Namun entah apakah Terios ini Body Rollingnya terasa cukup mengocok perut, karena penulis sendiri belum mencobanya. Mobil yang dimiliki oleh penulis sekelas mobil murah Avanza. Cukup tinggi namun masih belum lebih tinggi dari Terios. Kata orang karena tidak terlalu tinggi inilah yang menyebabkan Avanza(terutama yang New Avanza) suspensinya terasa lebih nyaman, untuk kondisi jalan rusak. Untuk Inova rasanya memang empuk bila dikebut, namun pada saat kecepatan rendah melewati lobang-lobang terasa bodi rollingnya, maklumlah itu bagian dari resiko mobil yang lebih panjang dan sedikit lebih lebar. Avanza sendiri bila dikebut melewati lobang-lobang kecil tidak lebih baik dari Inova, maklumlah itu kekurangan untuk lingkaran roda dan lebar roda lebih kecil, bila melewati lobang-lobang yang kecil akan lebih terasa, karena roda masuk kedalamnya. Sedangkan untuk lingkaran roda serta lebar roda lebih besar, seolah-olah lobang yang ukurannya kurang dari lebar roda serta panjangnya tidak lebih dari tapak roda, hanya berada diatasnya dan tidak dimasuki oleh bagian terbawah dari lingakaran roda.


Makanya kenapa Avanza lebih laku dipasaran, selain harganya murah, ternyata yaitu supsensinya terasa lebih empuk, apalagai bila tempat duduknya sudah dimodifikasi dengan dengan diberi lapisan busa yang lebih banyak. Bukan promosi mobil sendiri loh. Nanti pada edisi tulisan berikutnya penulis sebutkan beberapa kekurangan yang dirasakan oleh penulis maupun teman-teman dekat yang pernah memilikinya, hitung-hitung sebagai referensi bagi sobat-sobat dalam menetapkan pilihan membeli mobil baru.

Jadi tergantung dari sobat-sobat apakah mau membeli mobil dengan Ground clearance yang cukup tinggi atau memilih tipe yang malah direndahkan. Tapi tips yang menarik adalah kalau perjalanannya panjang dan harus berjalan dimalam hari, adalah hal yang lebih baik untuk membeli mobil dengan Ground Clearance yang lebih tinggi.Maklumlah pada malam hari harus tetap dikebut, supaya kalau ada orang-orang yang tidak bertanggung jawab hendak menghadang kita dimalam hari kendaraan dapat dipacu terutama untuk Sumut diwilayah Rantau P, kalau di Jambi di wilayah Merlung, dan kalau di Sumsel di Lahat dan Muara Enim,perbatasan antara Sumsel dan Lampung, serta wilayah lintas timur Aceh.

Tidak ada komentar: